About Me

Kaca Mobil Anti UV, contoh applikasi masterbatch

[catatan-kuliah-engineer] Selamat siang, selamat datang kembali di blog catatan kuliah engineer. Sobat engineer, pada kesempatan kali ini kita akan menengok salah satu applikasi masterbatch yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, dan applikasi tersebut adalah Anti UV.


"UV Light atau Sinar UV adalah Pancaran sinar yang dikirimkan oleh sumber cahaya, dalam hal ini matahari"

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas keunggulan dan bahaya dari sinar UV ini, sehingga kini kita akan mengembangkan pembahasan kepada aplikasi untuk meminimalisir bahaya dari sinar UV. Pagi para pengguna otomotif, tentu sudah tidak asing lagi mendengar bahwa kaca kendaraan kita sudah dilengkapi dengan anti UV.



Pemasangan Anti UV pada kaca mobil bisa langsung dicampir kedalam bahan baku pembuatan kacanya atau perlu dilakukan pelapisan menggunakan lapisan film (film sheet). Pencampuran bahan atau film anti uv ini dikenal dengan istilah penambahan zat additive.
UV Film Sheet. Sumber : alibaba.com

Mekanisme Pembuatan Kaca Mobil Anti UV

Untuk kaca mobil yang sudah dilengkapi teknologi anti UV, bahan bakunya sudah dicampur sejak produksi awal.

Plastic Additive yang berwarna lebih gelap dicampurkan dengan material kaca untuk mobil saat pencetakan atau pembentukan.

Tujuan pencampuran saat awal ini adalah memasukan resin uv adsorber. Dengan cara ini, kemampuan menyerap sinar uv dari kaca mobil tersebut lebih lama dari pada sekedar menggunakan film sheet.

Selain untuk mengurangi dampak sinar UV masuk kedalam kendaraan, penambahan additives ini mampu mengurangi panas yang masuk kedalam mobil. Sehingga suhu didalam mobil menjadi lebih dingin, walau terlalu lama terpapar dibawah matahari.

Penambahan Anti UV Film Sheet

Beberapa tipe mobil keluaran tahun 2006 ke bawah biasanya belum menerapkan teknologi anti UV ini pada kendaraan mereka, sehingga untuk meminimalisir bahaya UV, banyak produsen glass film coating yang memproduksi lapisan ini.

Cukup dengan menempelkan lapisan plastik yang berwarna gelap ke kaca mobil yang hendak dilindungi, Tingkat kecerahan atau kegelapan dari lapisan plastik ini dapat anda tentukan sesuai kebutuhan.

Post a Comment

0 Comments