Home » , , » Mengenal Jenis-Jenis Pompa

Mengenal Jenis-Jenis Pompa

Written By Alifia Rahmadila on Tuesday, August 2, 2016 | 8:28 PM

[catatan-kuliah-engineer] Selamat pagi rekan-rekan engineer dimanapun kalian berada. Sudah memasuki awal bulan agustus lagi nih. Tanda-tandanya kuliah sudah mulai aktiv yah, atau masih ada yang sibuk diposesifin kasur kost kostan? ups..hihihihi

Berhubung awal bulan dan banyak mahasiswa baru yang mengawali hari dikuliah, bagaimana jika pada kesempatan awal ini mimin berbagi informasi tentang pengetahuan umum Pompa. Bagaimana, siap?

Tentang Pompa dan Jenis-jenisnya

"Pompa adalah alat yang digunakan untuk memindahkan materi dalam bentuk cair, gas dan campuran padat-cair. "

Yup, secara sederhana pompa dapat diartikan demikian. Lebih jelasnya pompa memindahkan materi tersebut dengan memberikan tekanan, sehingga materi yang ada disuatu tempat bertekanan rendah bisa berpindah ke tempat lain walau tekanannya berbeda.

Beragam bentuk pompa. Sumber : google.com

Dari segi bentuk, pompa memiliki bentuk yang seragam. Pada gambar diatas terdapat contoh pompa yang berbentuk Horizontal (tidur) ada yang berbentuk vertikal (berdiri). Perbedaan ini tidak membuat mereka berbeda fungsi. Hanya posisi impeler / baling-baling yang dekat dengan mesin utama atau tidak.

Sementara dari segi gaya kerjanya, baru terdapat perbedaan. Gaya yang bekerja pada pompa dikelompokan menjadi :
  • Positive Displacement Pump
  • Gravity Pump
  • Transver Langsung
Untuk detil dari gaya kerjanya, kalian bisa mengklik untuk menuju halaman terkait. Penjelasan gaya akan dijelaskan terpisah ya gais. Artikel ini hanya akan menjelaskan secara umum saja.

Pompa dan mekanisme kerjanya

Mekanisme kerja pompa umumnya berlangsung secara reciprocal dan rotary. Reciprocal maksudnya adalah pergerakan torsi penggerak yang maju mundur atau atas bawah untuk menghisap fluida, contoh yang bisa kita amati adalah pompa sepeda atau pompa air manual (lebih dikenal sebagai pompa dragon). Sedangkan rotary, sudah bisa diterka bukan? yup ia bergerak melingkar untuk menghisap fluida.

gaya reciprocal pada mesin uap. sumber : wikipedia.org

Penggunaan pompa dan applikasi lainnya

Pompa dibutuhkan untuk memberikan gaya, sehingga fluida berpindah. Oleh sebab itu, penggunaan pompa sangat luas. Dimulai dari pompa untuk kebutuhan sehari-hari (dirumah tangga), kebutuhan mekanik, medis (pompa untuk membantu transfusi darah dalam tubuh) hingga pompa untuk kebutuhan industri.

Kami tahu, artikel ini masih terlalu umum, namun detil dari masing-masing bahasan bisa kalian temukan di dalam blog ini. Selamat membaca ^^
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Folding Box | Asuransi Mobil Terbaik | Plastic Additive
Copyright © 2011. Catatan Kuliah Engineer - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Film Drama Korea
Proudly powered by Blogger