About Me

Leo Baekeland, dan Sejarah Penemuan Plastik Sintetis Dunia

Sejak awal, kita sudah mendengar istilah plastic masterbatch, additives, tapi kita belum sama sekali membahas tentang plastic dan bagaimana ia ditemukan di dunia ini. Maka pada kesempatan pertama ini, kami ingin membahas tentang siapa tokoh yang paling berpengaruh dalam penemuannya.


Kenalkan Leo Bekeland atau lebih lengkapnya Leo Henricus Arthus Baekeland, lahir di belgia pada 4 November 1863. Merupakan ilmuwan berkebangsaan Belgia-Amerika. Dia merupakan orang yang paling berjasa dalam penemuan plastik pada tahun 1907.

Leo Bekeland


Pada mulanya plastik merupakan temuan bernama Bakelite, atau poly-oxybenzilmethylen-glycolanhydride (C6H6O-CH2O)n. Digunakan sebagai isolator konduktivitas dikarenakan kemampuannya untuk menahan panas akibat aktivitas elektromagnetik pada kamera film pada masa itu.

Poly-oxybenzilmethylen-glycolanhydrite

Bakelite diproduksi dari reaksi kondensasi antara phenol dan formalin atau formaldehide.

Pada tahun 1889, Bekeland dan istrinya melakukan perjalanan ke Inggris dan amerika sebagai bentuk pendanaan beasiswa mereka. Dan di Amerika, mereka bertemu dengan Professor Charles F. Chandler dari Columbia university dan Richard Anthony, pemilik dari E.H.T Anthony Photograpic Company. Richard Anthony dan Prof. Charles lah yang meyakinkan Leo Bakeland untuk tinggal di Amerika dan menawarkan pekerjaan untuk mengaplikasikan temuan Leo dibidang photographic. Yaitu pencetakan foto diatas plate dengan meminimalisir penggunakan bahan kimia berbahaya, yang tentunya lebih efisien.

Post a Comment

0 Comments