About Me

Tips & Trik Mengganti Sendiri Oli Mesin Mobil Anda

Oli mesin itu ibarat darah yang mengalir didalam tubuh kita, namun berbeda dengan darah. Jual Oli Total mesin berfungsi untuk beberapa hal seperti menjaga suhu mesin agar tidak cepat panas, mencegah gesekan antara bagian mesin, dan ada yang digunakan untuk memberi tekanan pada kemudi agar tidak berat.




Namun oli memiliki titik jenuh, sehingga perlu diganti dengan yang lebih baru agar performa mesin tetap terjaga. Sekadar mengingatkan beberapa rekomendasi batas ganti oli antara lain :

  • Batas ganti oli mineral: + 2,500 KM jarak tempuh.
  • Batas ganti oli semi synthetic: + 5,000 KM jarak tempuh.
  • Batas ganti oli fully synthetic: + 7,500 KM jarak tempuh.
  • Batas ganti oli filter, setelah pemakaian 2X ganti oli.
Tips : Cara paling mudah untuk mengingat kapan harus mengganti oli mesin, yaitu dengan melakukan RESET pada sub spedometer setiap kali ganti oli baru. Lalu ketika KM jarak tempuh sudah terpenuhi, maka jangan menunda waktu untuk segera mengganti oli mesin mobil Anda.


Namun, untuk mengganti oli kadang kita malas ke bengkel dan cenderung ingin mencoba mengganti bensin sendiri. Langkah ini tidak salah, karena dengan begitu anda bisa tau bagaimana cara merawat kendaraan anda. Jika memang anda hendak mengganti jual oli total, maka sebaiknya perhatikan tips-tips berikut ini.


  1. Pastikan oli yang anda beli adalah oli asli, anda bisa mendapatkan oli jenis ini di Distributor Resmi seperti Bengkel langganan atau pom bensin dan supermarket.
  2. Pastikan perlengkapan pendukung untuk mengganti oli seperti dongkrak, wadah untuk oli bekas, koran bekas rangkap, tas plastik kresek, lap kering, kunci ring yang sesuai , kertas tissue, corong.
  3. Hindari menggunakan kunci universal seperti kunci inggris, karena hal tersebut akan membuat kepala skrup atau tutup body jual oli total mudah aus. Gunakan hanya kunci ring yang sesuai ukuran.
  4. Letakkan mobil pada tempat yang datar dengan pencahayaan yang cukup.
  5. Pastikan dulu, mesin mobil sudah dalam keadaan dingin dan diam di tempat lebih dari 3 jam, agar semua oli yang tersebar di seluruh bagian mesin turun dan terkumpul di bak oli.
  6. Pastikan tidak ada lagi oli sisa bekas yang merembes di area kepala baut tap oli dengan kertas tissue bersih, dengan melapnya beberapa kali.

Post a Comment

0 Comments