About Me

Mengenal Teknik Water Treatment - part 1

Air berperan penting dalam kehidupan, termasuk dalam Industri

Salah satu materi untuk transfer energi panas yang murah adalah air. Mengingat air bisa diperoleh dari mana saja, Danau, Sungai hingga Laut. Maka tak jarang proses utilitas lebih banyak menghitung laju air untuk proses ketimbang bahan lainnya. Bicara tentang air yang digunakan dalam proses industri, maka kita akan membahas terkait water treatment.


Water treatment adalah metode atau langkah-langkah mengubah air menjadi layak digunakan untuk proses. Langkah-langkah ini tergantung dari hasil akhir air itu akan digunakan untuk apa. Maka pada kesempatan artikel kali ini, kita akan membahas teknik water treatment yang umum atau boleh kita sebut sebagai Primary Water Treatment.


Sumber Air Untuk industri bermacam-macam sebagaimana yang dijelaskan pada pembuka, yaitu dari sungai, danau atau laut.

Pada proses Primary Water Treatment, air yang akan digunakan biasanya ditampung dalam bak atau tangki yang kemudian dilakukan pre-treatment beberapa tahap tergantung dari sumbernya. Jika sumbernya dari Sungai/Danau, maka pengolahan pre-treatment nya adalah Filtrasi untuk menghilangkan padatan seperti tanah, batuan atau mungkin daun-daun, ranting dan sebagainya.

Proses Pre-Fisika Pada Water Treatment

Sebagai mana dijelaskan diatas, tujuan proses filtrasi adalah menghilangkan beberapa hal yang akan mengganggu kinerja alat control seperti Flow Meter Indonesia, atau bahkan pompa di proses selanjutnya. Biasanya proses filtrasi dilakukan dua tahap untuk menghemat cartridge filter, filtrasi tahap pertama adalah koagulasi atau pengendapan padatan yang massa jenisnya lebih berat dari air dengan bantuan grafitasi. Teknik ini sudah dikenal sebagai teknik pengolahan air tradisional, anda dapat membaca artikelnya disini.



Setelah melalui tahapan filtrasi secara alami, kemudian air akan dialirkan menuju proses selanjutnya melalui cartridge filter dengan ukuran pori bervariatif, biasanya 10 mikron atau 5 mikron untuk mencegah adanya padatan yang masih ikut terlarut dalam air.

Proses Pre-Kimia Pada Water Treatment

Jika air yang diproses memiliki bau dan warna yang mencolok, biasanya digunakan Sand Filtration atau Activated Carbon untuk menghilangkan warna dan baunya. Proses ini dikenal dengan proses kimia-fisika awal. Tujuannya satu, warna bisa disebabkan oleh padatan yang masih ikut, penghilangan elemen ini bertujuan untuk mencegah terjadinya bloking atau cloging pada pipa dan inlet-outlet alat proses yang memiliki inner diameter kecil.

Kemudian air akan ditampung atau diteruskan ke tahapan-tahapan berikutnya seperti Demineralisasi atau Ionisasi yang merupakan tahapan Secondary Water Treatment.

Sampai titik ini, tahapan Primary Water Treatment telah selesai.

Post a Comment

0 Comments