About Me

Hal Yang Terlupa Saat Mendaftar Ke Universitas Favorit

Hayo, siapa sobat engineer yang sudah mengidam-idamkan kuliah di perguruan tinggi favoritnya tahun ini?


Sebagai siswa yang sudah lulus SMA, tentu sebagian pasti sudah membayangkan hendak melanjutkan studi ke fakultas dan universitas terfavoritnya masing-masing.


Nah pada edisi artikel kali ini kami tim catatan kuliah engineer tidak akan membahas tentang materi kuliah ya. Spesial kami akan membahas tentang tata cara mendaftar ke universitas favorit kalian nih yuk simak hal-hal apa saja yang harus di persiapkan ya.

Persiapan Saat Mendaftar Ke Universitas Favorit

Kira-kira hal-hal apa saja sih yang harus di persiapkan untuk mendaftar ke kampus favorit? Selain tentu saja mengisi form pendaftaran yang disediakan oleh tiap universitas, ternyata ada beberapa hal yang lupa di persiapkan oleh calon mahasiswa, antara lain:

Pas Foto Background Berwarna

Nah ini biasanya yang di lupakan oleh calon mahasiswa baru saat pendaftaran, yaitu pas foto berwarna.

Pas foto merupakan persyaratan wajib lho untuk dokumen pendaftaran, nah sekarang jamannya kan udah digital, jadi sebaiknya jangan pake pas foto item putih ya.

Pas foto dengan background berwarna merah atau biru sebaiknya kalian persiapkan dengan beberapa ukuran ya. Ukuran umum yang biasanya di minta oleh panitia adalah 2x3, 3x4, dan 4x6. Untuk jumlah di sesuaikan, biasanya sih masing-masing di persiapkan sebanyak 4 rangkap ya.


Tapi itu kalau panitianya minta dalam bentuk cetak ya. Berhubung sekarang udah versi digital, jadi siapkan pas foto berwarna dengan latar warna tersebut diatas. Jangan lupa kecilkan dulu ukuran fotonya sampai 100kb maksimal.

Mengisi Berkas Pendaftaran Dengan Tinta Biru

Banyak yang tidak mempedulikan hal ini memang, tapi mengisi form dengan tinta yang bertolak belakang dengan warna utama cetakan di kertas dapat membantu identifikasi berkas oleh panitia penyelenggara lebih mudah.


Kebanyakan form pendaftaran siswa baru (versi cetak) merupakan berkas yang di foto copy, oleh sebab itu sebagian besar warnanya hitam. Maka untuk mengisi form sebaiknya gunakan tinta biru ya.

Lengkapi Surat-Surat

Tenang, ini untuk mengurus Universitas, bukan untuk KUA. Jadi berkas-berkas yang harus kamu siapkan sejatinya cukup sedikit. Yaitu: Surat Keterangan Lulus (jika Ijazah SMA belum keluar), transkrip nilai semester akhir (ini bisa langsung minta ke sekolah), dan lembar bukti pembayaran untuk pendaftaran pada bank yang dirujuk oleh universitas tempat kamu mendaftar.

Jika kemudian setelah itu ada proses seleksi atau test potensi akademik yang harus kamu ikuti, maka itu diluar dari persiapan yang kami sebutkan diatas ya.

Selamat datang di dunia kampus, semoga kamu siap dengan pembangunan masa depanmu di universitas pilihanmu. Hidup Mahasiswa!

Post a Comment

0 Comments