About Me

Memahami Bedanya Mobil Bermesin Matic dan Manual


Ketika Anda ingin membeli mobil baik itu baru atau bekas, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelumnya. Seperti bagian transmisi mobil yang terkadang akan membuat Anda sedikit bimbang. 

Pada saat ini mobil memiliki dua jenis transmisi yaitu manual dan matic. Dalam mobil manual akan terdapat enam jenis gigi, lima transmisi untuk jalan maju dan yang ke enam untuk menggerakan mobil mundur. 

Jika Anda menggunakan mobil manual, pastinya akan memerlukan kopling untuk menggerakan gigi nya. 

Namun mobil matic di desain tanpa kopling dan giginya pun lebih sedikit. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan Anda saat akan memilih mobil antara transmisi matic atau manual:

1. Harga mobil matic dan manual

Pada umumnya untuk mobil manual yang baru akan lebih murah daripada mobil matic. Namun ketika membeli mobil matic dan Anda berencana menjual kembali, pasti mobil tersebut akan lebih murah. 

Selisih harga jual bekasnya dengan harga yang baru yaitu sekitar 2 sampai 3 juta.


2. Kenyamanan pengemudi saat mengoprasikannya

Pengoperasian mobil matic memang sangatlah mudah dibandingkan mobil bertransmisi manual. Bagi pemula yang belajar mengemudikannya pun akan lebih mudah. Berbeda jika menggunakan mobil yang bertransmisi manual, pasti Anda harus lincah dalam pengoprasian gigi dan menginjak pedal. 

Dalam hal itu diperlukan pembiasaan ketika berkendara. Saat terjadi macet, di jalanan menanjak, mobil matic akan lebih mudah dikendalikan daripada mobil manual.

3. Konsumsi bahan bakar yang diperlukan

Mobil manual merupakan mobil yang hemat bahan bakar dibandingkan dengan mobil matic. Kerja mesin yang sangat berat di transmisi otomatis menyebabkan mobil tersebut boros bahan bakar. 

Namun ada sedikit trik yang bisa digunakan untuk menghemat bahan bakar mobil bertransmisi otomatis yaitu dengan melakukan gas dan glide. Dengan teknik ini Anda diharuskan untuk membiarkan mobil berjalan turun tanpa harus menginjak pedal gas.


4. Pengoprasian rem mobil

Jika Anda menggunakan mobil yang memiliki transmisi manual, akan mudah mengeremnya secara halus. 

Dalam pengoprasian rem, mobil matic masih memiliki kekurangan. Karena ketika Anda menggunakan sistem engine break pada mobil matic, maka kinerja kampas pun akan jadi tidak optimal. 

Dan saat Anda menggunakan mobil matic saat laju kencang, ketika melakukan pengereman akan lebih lambat dibandingkan dengan mobil manual.


5. Perawatan pada mobil

Mobil matic memiliki sistem rangkaian yang begitu rumit dan akan lebih banyak komponennya daripada mobil manual. 

Itulah yang menyebabkan perawatan mobil matic akan mengeluarkan biaya yang sedikit mahal dibandingkan mobil manual. Hal ini dapat Anda antisipasi dengan melakukan perawatan secara rutin pada mobil matic.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan saat hendak membeli sebuah mobil.