About Me

Berbagai Fungsi dan Jenis Tokico Indonesia

Tokico Indonesia atau flowmeter adalah alat ukur yang dipakai untuk mengetahui jumlah fluida atau mengukur laju aliran yang bergerak mengalir dalam sebuah saluran terbuka maupun pipa tertutup misalnya: gorong-gorong, parit atau sungai. Jenis fluida yang diukur atau melalui tokico ini dapat berbentuk solid, gas, maupun cairan.

Dalam penerapannya, pemakaian tokico Indonesia adalah untuk mengukur aliran baik berupa kapasitas aliran, kecepatan aliran maupun berat atau volume fluida memiliki aplikasi yang beragam. Penerapan pemakaian flowmeter disesuaikan dengan manfaat, tujuan, dan kendala yang disesuaikan kondisi yang diperlukan rekayasa sehingga pemasangannya sesuai manfaat dan tujuannya.



Pada penggunaannya, kita wajib mengetahui bahwa tokico Indonesia memiliki beragam model dan jenis dengan fungsi aplikasi serta tingkat akurasi yang tidak sama. Dimana semakin tinggi akurasi dari pembacaan tokico maka harganya akan semakin mahal.

Untuk itu sebelum memilih jenis tokico yang hendak dipasang, kita meski mengetahui tingkat akurasi yang diinginkan dari hasil pembacaan flowmeter. Sebab pengukuran untuk air limbah atau air sungai memiliki akurasi berbeda saat memakai tokico untuk mengukur obat cair, bahan kimia dll.

Seperti produk lainnya, flow meter memiliki beberapa jenis dengan kelebihan masing-masing. Beberapa jenis Tokico Indonesia sesuai penggolongan pengukuran yakni;
  1. Massa flow meter
  2. Mass flow meter merupakan tokico Indonesia yang mengandalkan sinyal output yang secara langsung berhubungan dengan massa fluida yang melalui flow meter. Terdapat 2 macam flow meter yakni; Thermal mass flow meter dan Coriolis flow meter.
  3. Velocity flow meter
  4. Velocity flow meter merupakan tokico Indonesia yang mengandalkan out put sinyal yang langsung dihubungkan dengan kecepatan fluida yang melalui flow meter. Jenis velocity flow meter ini diantaranya:
    • Venturi flow meter
    • Electromagnetic flow meter
    • Office plate flow meter
    • Ultrasonic flow meter and open chanel flow meter
    • Variable area flow meter and rotameter
    • Targer flow meter and vane flow meter
    • Vortex shedding flow meter and sonar meter
    • Turbine, paddle wheel and propeller flow meter
  5. PD meter atau Positive Displacement
  6. Positive Displacement memiliki kemampuan mengukur volume secara factual secara langsung. Sementara flow meter lainnya dapat bekerja dengan prinsip mengukur laju aliran yang bakal dikonversikan pada volume fluida.Dengan memanfaatkan PD meter, secara langsung sinyal output berhubungan dengan volume fluida yang melalui flow meter.
Mungkin anda bertanya jenis tokico Indonesia mana yang terbaik. Namun sebenarnya tidak ada jenis flow meter yang dapat dipakai secara universal yang cocok diaplikasikan pada semua jenis fluida dan semua kondisi. Yang perlu ada lakukan adalah memilih tokico Indonesia dengan spesifikasi yang cocok untuk diaplikasikan di lapangan.

Post a Comment

0 Comments