About Me

Ladislao Jose Biro, Bapak pena modern

Halo sobat sahabat Engineer, bertemu lagi dengan mimin yang menginspirasi kalian dengan berbagai macam berita serta informasi dari dunia teknik. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas seorang penemu yang berhasil merubah dunia dan semoga menginspirasi kamu semua.

Ladislao Jose Biro, Dari sebuah Pena hingga pengaruh di Perang Dunia II

Kita mungkin akan bingung dengan judul yang kami berikan, yaitu apa Peran Ladislao Jose Biro dan pengaruh penemuannya terhadap perang dunia ke II. Sebelum jauh, mari kita berkenalan dengan sang penemu.


Ladislao Jose Biro Lahir di Bulgaria, Hungaria pada masa perang dunia dan kuasa Nazi. Tunbuh dibawah tekanan rezim yang kasar membuat keluarga Biro keluar dari Hungaria dan memutuskan untuk mencari tempat baru, Argentina. Biro kemudian bekerja sebagai seorang Wartawan pada sebuah perusahaan berita nasional. Yang membuatnya membutuhkan sebuah alat untuk bisa menulis tanpa harus membawa bak tinta dan dapat menulis dengan lancar.

Ide ini kemudian diwujudkan dengan bantuan dari Adiknya yang kebetulan seorang ahli kimia. Dengan bantuan adiknya tersebut, Biro membuat sebuah tinta yang bisa mengalir perlahan saat melalui lubang kapiler pena yang ia rancang. Pena ini pun memiliki sebuah ujung yang diberikan bola (dikenal sebagai Roller Ball) agar memberikan kemudahan saat menulis diatas kertas yang saat itu masih memiliki permukaan yang kasar.

Pena ini kemudian dipatenkan dan dikomersilkan dengan nama Bic.

Mekanisme Kerja Pena Ciptaan Biro

Bola yang dipasang pada ujung pena, akan menjaga sebuah penyumbat pada lubang kapiler tempat keluarnya tinta. Tinta hanya akan keluar ketika diberikan tekanan, dan mengalir melalui permukaan bola yang akhirnya tertuang diatas kertas. Perhatikan Gambar berikut.

Tinta yang digunakan pun bukan tinta sembarangan. Biro meminta adiknya membuat sebuah cairan yang memiliki viskositas rendah agar bisa mengalir didalam kapiler yang kecil.


Apa hubungannya penemuan pena dengan Perang Dunia II

Tinta yang sebelumnya digunakan untuk menulis, memiliki viskositas yang tinggi dan mudah memadat pada suhu dan tekanan yang tinggi. Dan pula repot untuk membawa bak tinta kemanapun kita pergi. Terutama bagi para Pilot, mengingat pemesan pertama pena ini dari kalangan militer dan Pilot yang membutuhkan pencatatan koordinat dan informasi yang cepat.

Mungkin itulah alasannya pulpen di Indonesia di jual dengan merek itu. Who Knows.

Post a Comment

0 Comments