About Me

Yuk Melihat Isi dari Pneumatic Device

Halo sobat engineer, sudah lama tidak membahas sesuatu dengan sistem sepertinya. Maka pada kesempatan kali ini, kami ingin menjelaskan sesuatu. Sebuah alat proses kecil yang mungkin belum pernah dibahas secara rinci. Kami akan menjelaskan tentang Pneumatic dan Pneumatic Device.

Pneumatic System dan Pendukungnya

Penumatic mungkin barang yang sangat kecil, sehingga tidak dapat diperhatikan secara menyeluruh. Namun pneumatic system sama pentingnya untuk beberapa proses dalam industri, terutama dalam industri manufaktur. Dimana industri ini menharuskan memproduksi berbagai macam produk sejenis dan untuk memperkerjakan orang dalam jumlah besar, terlalu mahal.


Bagi kalian yang belum mengenal pneumatic, mungkin gambar  dibawah ini bisa mengingatkan kalian atau justru memperkenalkan kepada kalian. Secara general, pneumatic berbentuk seperti ini.



Untuk merekan sendiri, di indonesia banyak beredar merek pneumatic dan komponen pelengkpap dari Brand KCC. Untuk mengetahui jenis-jenis pneumatic mungkin anda akan membutuhkan referensi berikut ini :

Mengenal Jenis-Jenis Pneumatic di Indonesia

Dalam sebuah pneumatic device, terdapat beberapa komponen seperti :

Silinder / cylinder

Silinder pada bagian pneumatic. Ada yang tau apa fungsinya hayoo? Biasanya silinder pneumatic memuat sebuah batangan yang nantinya akan berfungsi sebagai tangan untuk menggerakan apapun dalam sistem nantinya.
Dalam silinder ini nantinya akan diberikan udara bertekanan untuk menggerakan tangan yang ada didalamnya.


Untuk mendeskripsikan bagaimana mekanisme didalam silinder, berikut kami berikan gambaran secara sederhananya. Pada gambar tampak udara masuk dari bagian belakang dan menggerakan piston untuk mendorong batangan.

Kontaktor atau Kontak

Kontaktor ini yang biasanya akan berisi rotor untuk menggerakan pneumatik berjenis motor. Namun tak banyak yang dibelakangnya menggunakan kontaktor ini.

Post a Comment

0 Comments